Sepanjang 2024, KA Bandara Angkut 5,8 Juta Penumpang, Naik 56 Persen Dibanding 2023

Sepanjang 2024, KA Bandara Angkut 5,8 Juta Penumpang, Naik 56 Persen Dibanding 2023

3 January 2025, 3:10

  Krjogja.com – YOGYA – PT Railink, operator transportasi Kereta Api Bandara di Medan dan Yogyakarta mengumumkan selama tahun 2024 telah mengangkut sebanyak 5,8 juta penumpang. Angka ini menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 56 persen dibandingkan dengan jumlah penumpang yang tercatat pada tahun 2023 sebanyak 3,7 juta.Peningkatan jumlah penumpang ini seiring dengan upaya PT Railink untuk terus mengembangkan layanan transportasi yang lebih efisien, nyaman dan aman. Hal ini juga mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap layanan transportasi kereta api, terutama di masa pemulihan pasca-pandemi.”Angka 5,8 juta penumpang yang tercatat pada 2024 adalah bukti nyata dari keberhasilan KAI Bandara dalam memberikan layanan transportasi yang memadai dan berkualitas. Peningkatan ini tentu tidak terlepas dari upaya kami dalam menambah frekuensi perjalanan, memperkenalkan layanan inovatif, dan menjamin kenyamanan serta keselamatan para penumpang,” ungkap Sosiawan Putra Surbakti, Corporate Communications PT Railink, Kamis (2/1/2025).Di Medan total jumlah penumpang selama tahun 2024 sebesar 3.085.122 dengan rincian 821.201 jumlah penumpang kereta api menuju bandara dan sebaliknya. Sedangkan 2.263.921 jumlah penumpang dari Stasiun Medan menuju Stasiun Binjai dan Kuala Bingai. Untuk penumpang terbanyak terjadi pada bulan desember yaitu sebanyak 363.964 total penumpang dengan jumlah terbanyak pada tanggal 29 Desember yaitu 14.616 jumlah penumpang.
Sedangkan di Yogyakarta, total jumlah penumpang sepanjang 2024 sebesar 2.730.791 dengan rincian jumlah pengguna KA Bandara YIA PSO sebesar 1.786.649 dan pengguna YIA Ekspress 944.142 total penumpang. Lonjakan penumpang terjadi pada bulan Desember dengan total penumpang sebanyak 266.884 jumlah penumpang dan pada tanggal 22 desember 2024 menjadi jumlah penumpang terbanyak yaitu 10.462 jumlah penumpang.Sebagai bagian dari komitmen PT Railink untuk terus berinovasi, sejumlah langkah strategis telah diambil pada tahun 2024 untuk mendukung pertumbuhan ini. Di antaranya adalah pengembangan rute baru, peningkatan frekuensi perjalanan, serta penerapan teknologi canggih untuk mempermudah akses layanan bagi penumpang.Pada tahun ini KAI Bandara melakukan inovasi berupa proses refund lebih cepat dengan proses kurang dari 24 jam pengembalian dana ke penumpang. Selain itu, informasi ketersedian kursi, jadwal dan update KAI Bandara bisa langsung diterima penumpang di area stasiun.”Kami juga terus berupaya memperkuat jaringan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan penyedia layanan lainnya, guna menyediakan layanan yang lebih terintegrasi dan efisien,” sambung Sosiawan.Melihat pencapaian yang luar biasa ini, PT Railink optimis untuk terus tumbuh di tahun 2025 dan menghadirkan lebih banyak inovasi dalam sektor transportasi kereta api. Perusahaan ini berkomitmen untuk menjaga kualitas layanan sekaligus mengedepankan aspek keberlanjutan dan ramah lingkungan.”Kami berharap pencapaian ini dapat terus meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberikan kontribusi positif bagi transportasi publik di Indonesia. PT Railink juga akan terus bekerja keras untuk memastikan perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu bagi seluruh penumpang,” tambahnya. (Fxh)

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi