Dikawal Ketat, Presiden Zelensky Hadiri Forum Keamanan Dialog Shangri-La di Singapura

2 June 2024, 16:55

SINGAPURA, iNews.id – Presiden Ukraina Volodomyr Zelensky tiba di Singapura untuk mengikuti konferensi keamanan Dialog Shangri-La, Sabtu (1/6/2024). Di sela pertemuan Zelenky juga akan bertemu Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin.Zelensky tiba di arena konferensi dalam iring-iringan kendaraan yang dikawal ketat pasukan keamanan. Di forum itu dia akan meminta dukungan internasional terhadap negaranya yang sedang diinvasi Rusia

Baca Juga
Zelensky Sindir Joe Biden Absen di KTT Perdamaian Ukraina: Putin Tepuk Tangan!

Dalam pernyataan di media sosial X, Zelensky mengatakan kehadirannya untuk mengumpulkan dukungan dari negara-negara di Asia-Pasifik teerhadap konferensi perdamaian yang akan digelar pada 15-16 Juni di Swiss.“Keamanan global tidak mungkin terjadi ketika negara terbesar di dunia ini mengabaikan perbatasan yang diakui, hukum internasional, dan Piagam PBB, serta menyebabkan kelaparan, kegelapan, dan pemerasan nuklir,” kata Zelensky, merujuk pada Rusia, dikutip dari Reuters.

Baca Juga
Zelensky Pusing 7 Keliling! Rusia Sebut Pasukan Ukraina dalam Masalah Besar

Selain dengan Austin, Zelensky akan bertemu Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam, Perdana Menteri Lawrence Wong, Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta, serta para investor Singapura.Sementara itu Institut Studi Strategis Internasional (IISS) selaku penyelenggara konferensi keamanan, menyatakan Zelensky akan berpartisipasi dalam sesi diskusi pada Minggu besok bertajuk ‘Membayangkan Kembali Solusi untuk Perdamaian Global dan Stabilitas Regional’.

Baca Juga
Ukraina Sebut Agen Rusia Coba Bunuh Presiden Zelensky sebagai Hadiah untuk Putin

Ini merupakan perjalanan kedua Zelensky ke Asia sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022. Pada Mei 2023, dia menghadiri pertemuan G7 di Jepang.

Editor : Anton Suhartono

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi