Aliyudin Sofyan | Selasa, 28/01/2025 09:19 WIB
Kapal penumpang KM Dobonsolo saat sandar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan. Foto: pelni/jurnas
MAKASSAR, Jurnas.com – Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan menjadi pelabuhan penumpang terpadat se-Indonesia pada tahun 2024. Kemudian di susul Pelabuhan Ambon, Bau-Bau, Surabaya, dan Tanjung Priok.
PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) mencatatkan Pelabuhan Makassar selama tahun 2024 melayani 399.028 penumpang. Angka ini meningkat hingga 103% dibandingkan tahun 2023, yakni 387.022 penumpang.
Sedangkan di periode yang sama, penumpang di Pelabuhan Ambon tercatat sebanyak 301.683 orang, Bau-Bau (258.982), Surabaya (234.379), dan Tanjung Priok (204.522).
“Salah satu tantangan yang kami hadapi adalah berhentinya operasional KM Umsini akibat kebakaran pada pertengahan tahun 2024, yang sempat memengaruhi kapasitas layanan. Namun, kami terus berupaya menjaga kelancaran operasional dan memenuhi kebutuhan penumpang,” ujar Plh Kepala Cabang PELNI Makassar Robby Munardi, Selasa (28/1/2025).
Robby menjelaskan, posisi Makassar sebagai pelabuhan strategis yang menghubungkan wilayah barat, tengah dan timur Indonesia sudah berlangsung sejak lama. Untuk itu, PELNI berusaha untuk menjaga performa kapal penumpangnya untuk dapat melayani masyarakat Makassar dan sekitarnya secara maksimal.
Sementara itu, Direktur Usaha Angkutan Penumpang PELNI Dessy Nuraini menambahkan posisi penting Pelabuhan Makassar dalam ekosistem operasional PELNI. “Makassar tidak hanya menjadi pelabuhan terpadat, tetapi juga menjadi tulang punggung layanan angkutan penumpang kami di Indonesia timur. Kami berkomitmen untuk terus memperkuat layanan di pelabuhan ini, dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas untuk kenyamanan penumpang,” kata Dessy.
Sebagai salah satu kota besar di Indonesia Timur, Makassar melayani rute-rute utama menuju berbagai wilayah, seperti Papua, Nusa Tenggara, Maluku dan Jawa. Pelabuhan ini menjadi pusat aktivitas yang vital, baik untuk mobilitas masyarakat maupun distribusi logistik.
Adapun pada tahun 2025, sejumlah kapal penumpang yang sandar di Makassar antara lain :
KM Bukit Siguntang
– Rute A (PP) : Makassar – Pare-Pare – Balikpapan – Tarakan – Nunukan
– Rute B (PP) : Makassar – Maumere – Lewoleba – Kupang
KM Nggapulu
– Rute A (PP): Makassar – Bau-Bau – Namlea – Ambon – Ternate – Jailolo – Bitung
– Rute B (PP) : Makassar – Surabaya – Tj. Priok – Batam – Belawan
KM Dorolonda
– Rute (PP) : Ambon – Namlea – Bau-Bau – Makassar – Surabaya – Balikpapan – Pantoloan – Bitung – Ternate – Sorong – Manokwari – Nabire – Serui – Jayapura
KM Binaiya
– Rute A (PP) : Kupang – Ende – Waingapu – Bima – Benoa – Bima – Labuan Bajo – Makassar – Pare-Pare – Bontang
– Rute B (PP) : Makassar – Awerange – Bontang – Pare-Pare
KM Ciremai
– Rute (PP) : Tj. Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Ambon – Sorong – Serui – Jayapura
KM Sinabung
– Rute A (PP) : Wasior – Manokwari – Sorong – Bacan – Ternate – Bitung – Banggai – Bau-Bau – Makassar – Surabaya
– Rute B (PP) : Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Banggai – Bitung – Ternate – Bacan – Sorong – Manokwari – Jayapura
KM Lambelu
– Rute A (PP) : Bau-Bau – Makassar – Pare-Pare – Balikpapan – Pantoloan – Tarakan – Nunukan
– Rute B (PP) : Makassar – Bau-Bau – Maumere – Larantuka
KM Wilis
– Rute (PP) : Batulicin – Makassar – Labuan Bajo – Bima – Waikelo – Waingapu – Ende – Kupang – Kalabahi
KM Tilongkabila
– Rute (PP) : Bitung – Gorontalo – Luwuk – Kendari – Raha – Bau-Bau – Makassar – Labuan Bajo – Bima – Lembar – Benoa
KM Dobonsolo
– Rute A (PP) : Makassar – Surabaya – Tj. Priok
– Rute B (PP) : Makassar – Bau-Bau – Sorong – Manokwari
KM Leuser
– Rute A : Agats – Timika – Dobo – Tual – Saumlaki – Ambon – Namrole – Wanci – Bau-Bau – Makassar – Labuan Bajo – Bima – Benoa – Surabaya
KM Tidar
– Rute A (PP) : Bau-Bau – Makassar – Surabaya – Tj. Priok – Kijang
– Rute B (PP) : Makassar – Bau-Bau – Maumere – Larantuka – Lewoleba – Kupang
KM Gunung Dempo
– Rute A (PP) : Jayapura – Nabire – Wasior – Manokwari – Sorong – Makassar – Surabaya – Tj. Priok
– Rute B (PP) : Makassar – Ambon – Sorong – Manokwari – Wasior – Nabire – Jayapura
KM Labobar
– Rute A (PP) : Bau-Bau – Namlea – Ambon – Banda – Tual – Dobo – Kaimana – Fak-Fak – Sorong – Manokwari – Nabire
– Rute B (PP) : Tj. Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Ambon – Banda – Tual – Dobo – Kaimin
KEYWORD : Pelabuhan Makassar Pelabuhan terpadat Pelni